MAKALAH RASIO AKTIVITAS

Rasio ini merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur efektifitas perusahaan dalammenggunakan aktiva yang dimilikinya.atau dapat pula dikatakan rasio ini digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi (efektifitas) pemanfaatan sumber daya perusahaan. rasio aktivitas ini melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan investasi pada berbagai jenis aktiva. Rasio aktivitas menggambarkan kemampuan perusahaan memanfaatkan aktiva yang dimiliki dalam memperoleh penghasilan melalui penjualan dan rasio aktivitas tidak semata-mata mengukur tinggi rendahnya rasio yang dihitung untuk mengetahui baik atau tidaknya keuangan perusahaan, hal ini dikarenakan rasio aktivitas untuk mengukur kinerja manajemen dalam menjalankan perusahaan untuk mencapai target atau sasaran yang telah ditentukan dan hasil perhitungan rasio aktivitas bukan dalam persentase melainkan berapa kali atau beberapa hari.



Jenis Rasio Aktivitas
Receivable Turn over (perputaran pitang)
Rasio ini merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa lama penagihan piutang selama satu periode atau berapa kali dana yang ditanam dalam piutang ini berputar dalam satu periodeSemakin tinggi rasio ini menunjukkan, bahwa modal kerja yang ditanamkan dalam piutang semakin rendah (bandingkan dengan rasio tahun sebelumnya) dan tentunyakondisi ini bagi perusahaan semakin baik. sebaliknya semakin rendah rasio inimaka perputaran piutang memberikan pemahaman tentang kualitas piutang dankesuksesan penagihan piutang.
Perputaran Persediaan (Inventory Turn Over)
nventory turnover menunjukkan kemampuan dana yang tertanam dalam inventory berputar dalam suatu periode tertentu, atau likuiditas dari inventory dan tendensi untuk adanya overstockSemakin tinggi rasio ini maka hal ini menunjukkan perusahaan bekerja semakinefisien dan likuid persediaan semakin baik. Demikian pula apabila sebaliknya,maka perusahaan bekerja secara tidak efisien atau tidak produktif dan banyak  barang persediaan yang menumpuk, hal ini akan menagkibatkan investasi dalamtingkat pengembalian yang rendah.
Perputaran Modal Kerja (Working Capital Turn Over)
Rasio ini merupakan salah satu rasio yang mengukur atau menilai keefektifanmodal kerja perusahaan selama periode tertentu, artinya seberapa banyak modalkerja berputar selama satu periode. Perputaran modal kerja yang rendah menunjukkan perusahaan sedang kelebihanmodal kerja. Hal ini mungkin disebabkan karena rendahnya perputaran persediaanatau piutang atau saldo kas yang terlalu besar.Sebaliknya perputaran modal kerja yang tinggi menunjukkan perputaran piutangatau saldo kas yang terlalu kecil.
Fixed Assets Turn Over.
Merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa kali dana yangditanamkan dalam aktiva tetap berputar dalam satu periode. Dengan kata lain rasioini untuk mengukur apakah perusahaan sudah menggunakan kapasitas aktiva tetapsepenuhnya atau belum.
Total Assets Turn Over
Rasio ini merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur perputaran semuaaktiva yang dimiliki perusahaan dan mengukur berapa jumlah penjualan yangdiperoleh dari tiap rupiah aktiva.

0 Response to "MAKALAH RASIO AKTIVITAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel