MAKALAH ONLINE MARKETING


Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.


Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa sebagian besar program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:
Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencarijejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting. Berikut ini terdapat keuntungan utama jika Anda melakukan pemasaran produk secara online.

Tanpa batas waktu
Melakukan pemasaran online sangat menguntungkan jika anda memiliki produk yang pantas untuk dijual serta bisa dikirim melalui jasa pengiriman. Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan waktunya karena selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu pasar online ini akan terus buka. Ketika anda melakukan promosi dan memasang iklan maka pasti akan terus terlihat setiap saat.

Tanpa batas tempat
Anda bisa menjalankan pemasaran online dimanapun, yang terpenting adalah jika ada koneksi internet, perangkat komputer dan smartphone. Anda tidak perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, korespondensi hanya melalui email dan internet anda bisa melakukan semua kegiatan pemasaran dan transaksi penjualan dengan mudah.

Efisiensi biaya operasional
Beriklan di situs online dan melalui penyedia iklan online lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan iklan secara offline. Hal ini jelas terlihat dari biaya yang kita butuhkan dan perlengkapan pendukung yang bisa terjangkau dan relatif murah.

Kemudahan dalam strategi pemasaran produk
Apabila anda memiliki produk dengan segmentasi pasar tertentu pada pemasaran online jelas sangat memudahkan anda membidik target market. Misalnya anda memiliki produk elektronik, maka manfaatkanlah forum elektronik, group di media sosial seperti facebook, atau membuka sebuah toko online untuk memasarkan produk anda.

Kemudahan manajemen dan organisasi
Menjalankan organisasi dalam bisnis sangat penting agar menghasilkan tingkat efisiensi dan produktifitas perusahaan. Namun dalam bisnis online, kemudahan menjalankan bisnis terlihat jelas. Misalnya pada bisnis online anda hanya perlu membuat sebuah katalog produk yang menawarkan barang kepada pelanggan secara online serta kemudahan menyusun komunikasi pemasaran yang efektif.



Apabila anda menjual barang secara online anda bisa memanfaatkan supplier pertama untuk menampung barang anda sebelum adanya pesanan, sehingga anda tidak perlu melakukan memindah-mindahkan barang setiap saat.

Kemudahan pengelolaan Sumber Daya Manusia
Saat menjalankan pemasaran secara online, anda tidak perlu menggunakan banyak karyawan karena sistem yang digunakan berbeda. Karyawan anda hanya melakukan administrasi penjualan hingga menyiapkan proses pengiriman barang, dan melayani saat ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.

Produktifitas meningkat
Peningkatan produktifitas jelas terlihat karena jam operasional pemasaran online tidak terbatas. Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan produktifitas karena semakin meningkatnya para pengguna internet, dimana saat ini semua transaksi bisa dilakukan via smartphone.

Memudahkan melakukan Riset Pemasaran
Teknologi webiste saat ini berkembang pesat, anda bisa melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online anda. Hal ini akan membantu anda untuk melakukan analisa pasar dan bahkan memberikan promo pada saat-saat tertentu.

Memberikan keuntungan yang tidak terbatas
Keuntungan dari bisnis online bisa dikatakan tak terbatas karena jumlah konsumen yang tidak terbatas pula. Jika anda menggunakan pemasaran online besar kemungkinan untuk melebarkan sayap seluas mungkin dengan meraih keuntungan yang semaksimal mungkin.



Kemudahan Pengawasan
Untuk mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi toko online, Anda bisa melakukannya kapan pun dan dimanapun. Hal ini memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau jasa. Kemudahan manajemen ini hanya ada di pemasaran online saja.


Buka 24 jam.
Sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online hal itu bisa teratasi. Sebuah toko online mampu menggelar dagangan 24 jam penuh.

Easier and faster to find anything.
Proses mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manampun asal tersedia koneksi internet, dan dapat dilakukan dari mana saja.

Proses pembadingan harga 
dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tinggal membuka beberapa toko online dibandingkan harus mendatangi toko konvensional satu persatu.

Low investment.
Untuk mempunyai toko online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh daripada kita harus membuka toko konfensional. Hanya perlu domain dan hosting. tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Tanpa perlu untuk meng-hire / membayar karyawan. Dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual atau ditawarkan.

Irit waktu
Pemasaran online tidak menyita banyak waktu karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Karena kemudahannya, banyak orang memilih untuk berbelanja online.
Tidak membutuhkan modal yang besar
Jika anda membuka toko online, anda hanya membutuhkan website untuk promosi dan menjual barang anda. Anda tidak perlu membayar sewa gedung, pegawai dan lain-lain.

Tidak terikat siapapun
Kita bisa menjadi manager dan owner tanpa terikat siapapun, tidak perlu ‘bos’ yang mengatur jadwla pekerjaan dalam menjalankan bisnisnya. Disini kita yang mengatur sendiri jadwal dan strategi pemasaran untuk mendapat keuntungan maksimal.

Kekurangan pemasaran online:


Model transaksi yang berbeda
Setiap model usaha tentu memiliki model transaksi yang berbeda. Umumnya berbelanja online menggunakan metode transfer pembayaran baik melalui bank lokal maupun internasional. Bagi anda yang memutuskan untuk berbelanja di situs terbesar di dunia seperti amazon, lazada, dll maka anda harus memiliki master card atau jenis pembayaran yang tidak menggunakan bank lokal. Hal ini akan menimbulkan kesulitan bagi kita yang tidak terbiasa menggunakan model ini.

Keabsahan barang (kurang nyata)
Bagi pembeli, berbelanja melalui internet berarti tidak ada kesempatan secara langsung untuk meraba barang yang akan anda beli. Hal ini berdampak pada tidak sesuainya kualitas barang yang anda beli. Misalnya barang yang terlihat bagus di gambar tapi setelah diterima ternyata barangnya mudah rusak. Untuk megatasi hal ini pilihlah toko atau web yang sudah terkenal dan dipercaya oleh pelanggannya.  

Faktor jaringan internet
Jaringan internet merupakan modal awal untuk melakukan pemasaran online. Tanpa koneksi jaringan yang memadai, maka anda akan kesulitan melakukan transaks
Selera konsumen
Setiap konsumen memiliki selera belanja yan berbeda. Ada kalanya konsumen lebih senang berbelanja langsung. Dan banyak konsumen yang menghindari penipuan dari berbelanja di internet.

Kepercayaan konsumen

Masih berhubungan dengan poin diatas, kepercayaan konsumen terhadap toko online lebih kecil. Hal ini dikarenakan pelanggan yang masih berhati-hati dan takut ditipu.

0 Response to "MAKALAH ONLINE MARKETING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel